KIRAB BUDAYA APEM YAA-QOWIYYU JATINOM 2019

sosial & budaya wisata

focusklaten.net – Kirab Budaya dalam rangkaian Yaa-qowiyyu Jatinom digelar di Halaman Kantor Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Kamis (17/10/2019). Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Klaten, Sekda Kabupaten Klaten, Forkopimda, Wakil Kapolres Kab. Klaten, Camat se- Kab. Klaten, Muspika Kec. Jatinom, Seluruh Kades dan Lurah se- Kecamatan Jatinom, tamu undangan dan peserta kirab budaya Yaa-qowiyyu.

Dalam sambutannya, Camat Jatinom Anang Widjatmoko mengucapkan terimakasih atas kedatangan warga masyarakat yang antusias menyaksikan kirab budaya Yaa-qowiyyu Tahun 2019. Perayaan Tradisional Yaa-qowiyyu ini memiliki beberapa rangkaian acara yaitu Festival Memancing, Pembukaan Perayaan Yaa-qowiyyu, Fun bike, Gejuk lesung, Jatilan, Parade Drum band, Haul Ki Ageng Gribig, Kirab Budaya Yaa-qowiyyu, dan perayaan puncaknya yaitu Penyebaran Apem Yaa-qowiyyu. Beliau juga menambahkan masyarakat yang mengikuti kirab budaya tersebut untuk selalu menjaga keamanan dan kondusifitas keadaan.

Kemudian, Sekda Kabupaten Klaten, Jaka Sawaldi yang mewakili Bupati Klaten dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh masyarakat untuk selalu melestarikan budaya Indonesia salah satunya yaitu melestarikan Yaa-qowiyyu yang merupakan tradisi budaya asli Kabupaten Klaten. Yaa-qowiyyu juga meupakan salah satu cikal bakal penyebaran agama islam di Klaten yang merupakan bagian perjalanan sebuah peradaban. Maka tradisi tersebut harus dijaga dan dilestarikan sebagai warisan sejarah.

Setelah beberapa rangkaian acara telah selesai, gunungan apem kemudian diarak dari Kantor Kecamatan Jatinom menuju Masjid Gede Jatinom untuk kemudian hari jumatnya disebar pada acara puncak Penyebaran Apem Yaa-qowiyyu. (Shofia Indah Novitasari, Manajemen Komunikasi STMM MMTC Yogyakarta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *