Wujudkan Klaten Siap Siaga Bencana, Bupati Klaten Gelar Apel Bersama

ekonomi & pembangunan

focusklaten.net– Apel Kesiapsiagaan Bencana Hidrometeorologi Musim Hujan Tahun 2019/2020 Tingkat Kabupaten Klaten dilakukan di Halaman Pendopo Kabupaten Klaten, Kamis(16/01/2020). Apel Kesiapsiagaan ini dipimpin oleh Bupati Klaten, Kapolres Klaten, dan Komandan Kodim 0723. Serta diikuti POLRI, TNI, Dodiklatpur, Damkar, Satpol PP, Dishub, Linmas, Orari, PMI, BPBD, DPU PR, ASN, Tagana, Relawan, Senkom Muhammadiyah, Banset NU, Relawan Sungai, ASN, dan Pelajar.

Dalam laporannya, Komandan Apel menyerahkan peralatan penunjang kesiapsiagaan bencana yang berupa penyerahan secara simbolik 5 tangki air, 17 motor viar untuk mengangkut sampah, 50 sekop, dan 50 rompi.

Kapolres Kabupaten Klaten, AKBP Wiyono Eko Prasetyo, S.I.K M.I.K mengungkapkan bahwa Polres, Kodim, BPBD dan Dinas Kesehatan Klaten telah membentuk posko-posko kebencanaan dibeberapa titik di Kabupaten Klaten dan akan semakin bertambah jumlahnya untuk kedepannya. Dalam posko tersebut juga terdapat beberapa relawan dari Orari dan Senkom Muhammadiyah yang siap siaga membantu masyarakat. Serta diharapkan dengan adanya posko ini dapat menjadikan “rumah” bagi masyarakat Klaten. Dan Kapolres berharap agar Kabupaten Klaten dihindarkan dari berbagai bencana dan masyarakatnya selalu siap dan siaga dengan segala kondisi.

Komandan Kodim 0723, Letkol (Kav) Minarno menambahkan bahwa kita tidak mengharapkan sebuah bencana apalagi bencana yang dapat merusak personol materiil dan psikologis. Oleh sebab itu, kita harus menunjukkan kekuatan kita bersama dan kerjasama satu sama lain. Dengan sinergritas seluruh masyarakat kita dapat mempertahankan kesiapsiagaan bencana. Dan beberapa bulan yang lalu Kodim telah melatih kesiapsiagaan personilnya untuk mencegah dan menanggulangi bencana.

Serta Bupati Klaten, Hj. Sri Mulyani memberikan amanat kepada masyarakat untuk bersatu dan siap siaga untuk menghadapi bencana. Kegiatan apel ini merupakan inisiatif Kapolres dan Dandim Klaten untuk melaksanakan apel kesiapsiagaan bencana guna mengecek segala kesiapan dalam menghadapi bencana mengingat Kabupaten Klaten merupakan daerah yang rawan terjadinya bencana. Contohnya baru-baru ini terjadi tanggul jebol di Karangasem, Cawas yang telah ditanggulangi dengan baik oleh Polres, Kodim dan BPBD Klaten yang langsung tanggap menanggulangi bencana tersebut. Oleh karena itu diharapkan seluruh masyarakat dapat bekerja sama, selalu siap siaga dalam kondisi apapun dan kompak selalu agar menjadi Klaten yang kuat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *