HUT Ke-22, SMPN 2 Karangnongko Deklarasikan Sekolah Ramah Anak

pendidikan Uncategorized
Kepala SMPN 2 Karangnongko, Anik Ariastuti, SPd, MPd disaksikan Kepala Dinas Pendidikan Klaten DR Wardani Sugiyanto MPd dan para pejabat memotong tumpeng pada puncak HUT ke-22 SMPN 2 Karangnongko, Rabu, 29 Januari 2020.
Kepala Dinas Pendidikan Klaten DR Wardani Sugiyanto MPd (kiri) bersama jajarannya dan Kepala SMPN 2 Karangnongko, Anik Ariastuti, SPd, MPd pada HUT ke-22 SMPN 2 Karangnongko.
Danramil Karangnongko Kapten Suparno menandatagani baner deklarasi SMPN 2 Karangnongko sebagai sekolah ramah anak disaksikan para guru setempat.
Kepala SMPN 2 Karangnongko, Anik Ariastuti, SPd, MPd foto bersama para siswanya yang menjadi model dengan busana dari aneka limbah sampah.

Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN)  2 Karangnongko atau lebih dikenal dengan Esdukar yang berlokasi di Jalan Raya Logede, Desa Logede, Kecamatan Karangnongko, Klaten menyelenggarakan deklarasi  sekolah ramah anak di Halaman SMPN 2 Karangnongko, Rabu pagi, 29 Januari 2020. Pada acara deklarasi sekolah ramah anak juga ditampilkan pentas seni dan ketoprak siswa siswi SMPN 2 Karangnongko.

Acara deklarasi sekolah ramah anak ditandai dengan penandatanganan komitmen mewujudkan sekolah ramah anak oleh Kepala Dinas Pendidikan Klaten DR Wardani Sugiyanto MPd dan Kepala SMPN 2 Karangnongko, Anik Ariastuti, SPd, MPd, Komandan Koramil Karangnongko, Kapten Suparno dan para tamu undangan yang hadir. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh orang tua wali murid dan para donatur serta sponsor HUT ke-22  SMPN 2 Karangnongko.

Kepada wartawan, Kepala SMPN 2 Karangnongko, Anik Ariastuti, SPd, MPd mengatakan, sebagai sekolah ramah anak maka semua warga sekolah baik kepala sekolah, para guru dan karyawan sekolah  secara sadar berupaya menjamin dan memenuhi hak-hak anak dalam setiap aspek kehidupan secara terencana dan bertanggung jawab. Sebagai sekolah ramah anak, maka SMPN 2 Karangnongko memegang prinsip utama tidak melakukan  diskriminasi kepentingan terhadap semua anak, serta menjamin hak hidup dan memberikan penghargaan terhadap anak secara adil.

Anik Ariastuti, SPd, MPd  menyatakan, sebagai sekolah ramah anak, SMPN 2 Karangnongko juga mempunyai  kebijakan anti kekerasan baik sesama siswa, tenaga pendidik dan kependidikan, termasuk pegawai sekolah lainnya. Kemudian SMPN 2 Karangnongko juga memiliki program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), lingkungan sekolah yang bersih dan sehat, menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), sekolah Adiwiyata, mempunyai warung atau kantin kejujuran dan siswa terlibat atau dilibatkan dalam pembuatan kebijakan sekolah.

Pada kesempatan tersebut, Anik Ariastuti, SPd, MPd menegaskan, tujuan deklarasi SMPN 2 Karangnongko sebagai sekolah ramah anak adalah agar seluruh elemen sekolah memperlakukan anak didik sebagai sahabat guru dan memberikan kenyamanan serta fasilitas pelayanan  yang lebih terhadap peserta didik. Sehingga siswa-siswi bisa mengeksplorasi dirinya dan mengembangkan keterampilannya sebagaimana yang diharapkan.

Sebagai wujud sekolah ramah anak, kata  Anik Ariastuti, SPd, MPd, maka kegiatan HUT SMPN 2 Karangnongko dilaksanakan sepenuhnya oleh panitia pelaksana dari OSIS dan guru sebagai  panitia pengarah. SMPN 2 Karangnongko mempunyai visi yang besar untuk mewujudkan  sekolah Adiwiyata, sekolah sehat, sekolah yang berkearifan lokal, sekolah siaga bencana dan sekolah ramah anak.

Dikatakan, kegiatan HUT ke-22 SMPN 2 Karangnongko  dimulai sejak  Senin, 27 Januari 2020 dengan diisi bakti sosial, Selasa, 28 Januari 2020 aneka lomba dan Rabu, 29 Januari 2020 sebagai puncak kegiatan HUT merupakan kegiatan merdeka belajar. Siswa-siswi tidak hanya belajar keilmuan di dalam kelas saja, akan tetapi belajar bisa di luar kelas seperti seperti mengorganisasikan kepanitiaan HUT ke-22 SMPN 2 Karangnongko.

Menurut Anik Ariastuti, SPd, MPd, dengan menjadi panitia HUT ke-22 SMPN 2 Karangnongko, para siswa dapat belajar untuk berkolaborasi, bekerjasama,  bersosial dan mampu berkomunikasi dengan benar.  Siswa-siswi juga diharapkan mempunyai  karakter yang baik, rajin ibadah, bermoral dan memiliki jiwa sosial  tinggi  yang dapat diraih dengan secara bersama-sama menyukseskan HUT ke-22 SMPN 2 Karangnongko.

Kepala SMPN 2 Karangnongko, Anik Ariastuti, SPd, MPd menambahkan, HUT ke-22 Esdukar 2020 ini mengmbil tema  Memangku hayuning pawiyatan kang ijo royo-royo tumuju generasi millenial 4.0. Menandai HUT ke-22 SMPN 2 Karangnongko juga dilakukan pemotongan tumpeng oleh Kepala SMPN 2 Karangnongko, Anik Ariastuti, SPd, MPd yang diserahkan kepada Kepala Dinas Pendidikan Klaten DR Wardani Sugiyanto MPd dan dimeriahkan fashion show dengan busana yang diolah dari limbah sampah, plastik dan koran serta pentas ketoprak dengan cerita Sunan Pandan Arang. (Adji)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *