SMPN 2 Karangnongko Gelar Pentas Ketoprak Siswa

pendidikan Uncategorized
Pentas ketoprak dengan cerita Sunan Pandan Arang untuk memeriahkan HUT ke-22 SMPN 2 Karangnongko, Rabu, 29 Januari 2020.
Para penari pada adegan Kabupaten Semarang saat pentas ketoprak di SMPN 2 Karangnongko.
Usai pentas ketoprak, Kepala SMPN 2 Karangnongko, Anik Ariastuti, SPd, MPd foto bersama dengan para guru dan karyawan SMPN 2 Karangnongko.

Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN)  2 Karangnongko atau Esdukar menggelar pentas ketoprak siswa dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22 Esdukar di Halaman SMPN 2 Karangnongko, Rabu siang, 29 Januari 2020. Seluruh pemain ketoprak diambilkan dari siswa-siswi SMPN 2 Karangnongko yang pernah tampil pada Festival Ketoprak Pelajar (FKP) Amigo Grup bekerjasama Dinas Pendidikan Klaten  2019 lalu.

Kepala SMPN 2 Karangnongko,  Anik Ariastuti, SPd, MPd dalam sambutannya mengatakan, pentas ketoprak siswa ini sebagai rangkaian kegiatan HUT ke-22 SMPN 2 Karangnongko. Pada FKP 2019 lalu, tim ketoprak SMPN 2 Karangnongko berhasil meraih juara favorit, maka pada HUT ke-22 SMPN 2 Karangnongko ini tim ketoprak  tersebut ditampilkan kembali dengan disaksikan komite sekolah dan orang tua siswa.

Dikatakan, SMPN 2 Karangnongko menaruh perhatian besar dalam bidang seni budaya, karena dengan seni budaya seperti ketoprak dapat membentuk karakter siswa lebih baik. Maka dari itu SMPN 2 Karangnongko terus mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler seni budaya seperti seni tari, seni karawitan, seni ketoprak dan bentuk-bentuk seni kearifan lokal lainnya.

Anik Ariastuti, SPd, MPd menjelaskan, pentas ketoprak tersebut menampilkan cerita Sunan Pandan Arang dengan penanggungjawab dirinya selaku Kepala SMPN 2 Karangnongko.  Kemudian pembina Sutanto Padyo Porwono, sutradara  Drs Hadi Yuwana, penata gending Muryanto SSn. Adapun para pemainnya masing-masing Pandan Arang oleh Andika, Kali Ungu diperankan Wulan Sabina, Sunan Kalijaga oleh Febriyanto, Dana oleh Jayanto, Swara oleh Andi dan Cenil dimainkan oleh Melinda.

Selanjutnya, kata Kepala SMPN 2 Karangnongko,  Anik Ariastuti, SPd, MPd, untuk Begal diperankan oleh Jais, Syeh Domba oleh Murejoko, Syeh Kewel oleh Wahyu Setiawan, Nyi Tasik oleh Yeni dan Ki Tasik diperankan Bima. Kemudian Bakul beras diperagakan oleh Arif dan Ki Slamet dimainkan oleh Jiyanto. Pentas ketoprak siswa-siswi SMPN 2 Karangnongko sangat baik dan mampu memeriahkan HUT ke-22 Esdukar 2020.

Wakil Bendahara Dewan Kesenian (Wankes) Klaten Singgih Wardani SH didampingi Ketua Komite Teater  Wankes Klaten, Joko Krisnanto dan Ketua Komite Sastra Wankes Klaten Lanjar Puryanto ikut menyaksikan pentas ketoprak siswa-siswi SMPN 2 Karangnongko tersebut. Wankes Klaten hadir pada pagelaran ketoprak di SMPN 2 Karangnongko, karena Wankes Klaten terus berupaya memberikan pembinaan kesenian tradisional di Klaten dalam rangka menyongnsong Klaten Kota Ketoprak.

Ketua Komite Teater  Wankes Klaten, Joko Krisnanto menyatakan, secara umum pementasan ketoprak siswa-siswi SMPN 2 Karangnongko sudah sangat baik, karena pernah sebagai juara favorit FKP 2019. Ke depan diharapkan agar SMP Negeri 2 Karangnongko agar terus ikut ambil bagian pada FKP sehingga kemampuan teater anak-anak terus terasah dan setelah anak-anak lulus ke jenjang SMA atau SMK agar juga terus mengembangkan seni ketoprak di sekolahnya masing-masing. (Adji)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *